Senin, 27 Februari 2012

Perbedaan Kecil Berdampak Besar

Jepang adalah sebuah negara kecil yg luasnya hanya lebih kurang sebesar pulau jawa (pulau paling kecil dari 5 pulau besar di nusantara). Tanahnya labil, rawan gempa, rawan gelombang tsunami, tidak punya sumber daya mneral, negara 4 musim yg ganas sehingga tidak punya hutan yg lebat, boleh di katakan negara paling miskin sumber daya alam di bandingkan negara ...tetangganya, Indonesia.
Lalu apa gerangan yg membuat Jepang menjadi negara yg amat sangat maju di kawasan asia...?

Industri otomotifnya tak tertandingi di dunia, bahkan oleh industri otomotif Jerman sekalipun, Barang2 Elektroniknya merajai dunia bahkan Sony bisa merajai pasar musik Eropa dan Amerika.... dan lain sebagainya...

Apa sih sesungguhnya rahasia kecil dibalik sukses Negara termiskin sumber daya hingga menjadi negara terkaya di Asia...?

Hasil telusur punya telusur.....

1. Ternyata menteri pendidikan Jepang lebih bangga jika anak2 murid mereka mencapai prestasi sebagai murid dan pelajar paling ramah, baik dan santun di dunia. *sumber Republika on line.

2. Apabila orang Jepang (mulai anak hingga dewasa) jika sedang menunggu atau tidak ada kegiatan... maka pasti ia akan mengisi waktunya dengan Membaca dan selalu berbekal buku dan bahan bacaan.

Bandingkan dengan negeri dengan sumber daya terkaya didunia yg penduduknya mayoritas berada dibawah garis kemiskinan.

1. Ternyata Menteri pendidikannya lebih bangga jika murid2 mereka mencapai prestasi sebagai murid mendapatkan angka2 pencapaian raport tertinggi dan bukan pencapaian akhlak tertinggi di dunia.

2. Apabila orang2 Indonesia (mulai pelajar SD, SMPA, hingga orang dewasa pekerja rendahan hingga pejabat) jika sedang menunggu atau tidak ada kegiatan maka pasti ia akan mengisi waktunya dengan MEROKOK dan menghabiskan rokok hingga berbatang2 atau bahkan bungkus.

Ternyata 2 kebiasaan kecil saja bisa membawa perubahan dan dampak yg sangat besar bagi kehidupan dan masa depan Bangsa dan Negara.

Silahkan pilih mau mengikuti yg mana....? dan mari kita mulai kebiasaan bangsa Sukses dari keluarga kita sendiri terlebih dahulu...

Jika kita mau pasti BISA !!!!!

Komunitas Ayah Edy
source :  
http://www.facebook.com/SekolahOrangtua/posts/10150698280290049
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar