Selasa, 27 Maret 2012

Mengenal Elemen-Elemen Dasar Jendela Kerja Microsoft Excel 2007

   
Gambar 1 : Elemen Dasar Jendela Kerja MS-Excel 2007
Name Box : berisi nama sel (kolom & baris) yang sedang aktif
Office button : tombol berbentuk bulat dengan logo Office di tengahnya. Tombol Office Button Excel 2007 digunakan untuk memanajemen berkas dokumen (document file) yang akan atau telah diproses oleh Microsoft Office Excel. Jika mengklik tombol ini, maka akan ditemukan beberapa tombol lain di dalamnya, seperti tombol New, Open, Save, Save As,  Print, Prepare, Send, Publish, Close.
Gambar 2 : Office Button
 
Quick Access Toolbar : toolbar yang memiliki keistimewaan khusus yang terletak di sudut kiri atas. Tombol-tombol perintah pada toolbar ini dapat ditambahkan sesuai dengan kebutuhan.
Gambar 3 : Quick Access Toolbar  

Tittle Bar (Baris Judul) : berisi nama file & nama program aplikasi yang sedang diaktifkan. Pada title bar Excel 2007 ditampilkan pula ikon program di sudut kiri yang jika diklik kanan akan menampilkan menu popup control menu & tiga buah Control Command, yakni minimize, maximize/restore dan close. Minimize digunakan untuk menyembunyikan program dan menyimpan pada task bar dengan bentuk tombol (button). Maximized digunakan untuk mengubah tampilan ukuran program satu layar monitor. Close digunakan untuk menutup program aplikasi.
Gambar 4 : Tittle Bar
  Ribbon : berisi ikon-ikon yang digunakan untuk menjalankan suatu perintah dengan cepat dan mudah, khususnya perintah-perintah yang sering digunakan. Ribbon terdiri dari Tab yang terbagi atas Home, Insert, Page Layout, Formula, Data, Review, View. Di setiap tab terdapat Group dimana setiap group dikelompokkan berdasarkan kesamaan fungsinya. Perintah-perintah dalam group ditandai dengan gambar (ikon).
Gambar 5 : Ribbon
 
  Formula Bar (Baris Rumus) : bagian ini menampilkan informasi mengenai isi sel yang sedang aktif di lembar kerja (worksheet).
Gambar 6 : Formula Bar

Column Header (Kolom) : tersusun secara mendatar dari kiri ke kanan (horizontal), tersusun secara abjad mulai dari huruf A sampai Z, dilanjut dengan AA sampai XFD. Lebar kolom dapat diatur sesuai kebutuhan (max. 255).

Row Header (Baris) : tersusun secara tegak lurus dari atas ke bawah (vertikal), ditandai dengan angka 1, 2, 3, - 1048576 baris. Tinggi baris dapat diatur sesuai kebutuhan (max. 409).

Tab Sheet (Tab Lembar Kerja) : secara otomatis saat pertama kali membuka lembar kerja MS-Excel terdiri dari 3 sheet, dan sheet ini bisa ditambah, diubah namanya, dan dihapus.
Caranya adalah :
Klik kanan di bagian Sheet (misalnya di Sheet 1) lalu pilih :

Insert : untuk menambah sheet
Delete : untuk menghapus sheet
Rename : Untuk mengganti nama sheet
Move or copy : Untuk memindahkan atau mengcopy sheet ke sheet yang berada dalam 1 file atau ke file lainnya
Tab Color : Untuk memberi warna pada sheet

Status bar (baris status) menampilkan informasi & pesan-pesan yang terletak di bagian bawah jendela MS-Excel seperti keaktifan insertion point (posisi kursor), keaktifan beberapa tombol keyboard, language (ejaan bahasa) yang digunakan, dll.

Scroll bar (baris penggulung) : untuk menggeser layar ke atas atau ke bawah (vertical) dan dari kanan ke kiri atau sebaliknya (horizontal).

Sel (Cells) : merupakan pertemuan antara kolom dan baris. Penyebutan alamat sel berdasarkan alamat kolom diikuti dengan baris. Contoh : C1, artinya di kolom B pada baris ke-1.

Range (Sekumpulan sel) : penyebutan alamat range seperti halnya sel, karena range terdiri dari banyak sel maka penyebutannya dari alamat sel kiri atas s/d sel kanan bawah yang dipisahkan dengan tanda : . Contoh : kumpulan sel yang dimulai dari D4 hingga H14 dinyatakan sebagai range D4:H14.

  
  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar